Sabtu, 08 Agustus 2009

RENCANA KERJA DAN ANGGARAN SEKOLAH (RKAS- I)
SMP NEGERI 1 TONGAS
KABUPATEN PROBOLINGGO

--------------------------------------------------------------------------

A. ANALISIS LINGKUNGAN STRATEGIS

Masyarakat Indonesia sekarang ini telah memasuki era globalisasi, hal ini sangat berpengaruh terhadap perkembangan ekonomi di Indonesia. Salah satu contoh pengaruh globalisasi yang sangat dirasakan masyarakat adalah adanya kenaikan harga BBM dalam negeri yang merupakan dampak naiknya harga BBM di pasar dunia. Hal ini sangat berpengaruh terhadap perkembangan ekonomi rakyat Indonesia. Tingkat kebutuhan hidup menjadi lebih tinggi sedangkan daya beli masyarakat masih rendah. Hal ini juga berdampak pada pemenuhan kebutuhan dalam bidang pendidikan.
Di bidang sosial akan terjadi kompetisi atau persaingan hidup yang sangat ketat dalm mencari pekerjaan, sehingga akan menimbulkan jumlah pengangguran yang meningkat. Dampak yang akan terjadi adalah meningkatnya kriminalitas, banyak pengemis dan gelandangan, tindakan-tindakan asusila, penyalah gunaan obat, narkoba, dan lain-lain.
Di bidang budaya, Indonesia yang kaya akan budaya daerah akan terkena dampak terhadap masuknya budaya asing yang belum tentu cocok dengan budaya Indonesia. Budaya asing yang masuk ke Indonesia akan mempengaruhi budaya daerah. Oleh sebab itu, harus ada usaha-usaha yang sungguh-sungguh di bidang pendidikan dalam rangka melestarikan budaya daerah di tanah air Indonesia, bila tidak, budaya darah akan luntur dan ditinggalkan oleh generasi muda.
Di bidang demografi, pertumbuhan jumlah penduduk sangat berkembang dengan pesat. Menurut data statistik jumlah penduduk di Indonesia saat ini sudah melebihi 250 juta jiwa, jumlah penduduk yang tinggi merupakan potensi sumber daya yang sangat berharga, namun apabila tidak diberi bekal kemampuan yang baik, maka akan menimbulakan masalah yang besar.
Di bidang ilmu pengetahuan dan teknologi berkembang sangat pesat termasuk penggunaan ICT di semua bidang kehidupan yang akan mempermudah pencapaian kebutuhan manusia. Penggunaan ICT di bidang pendidikan akan dapat membantu dalam mencapai tujuan pendidikan.

Relevansi pendidikan sangat diperlukan terutama dalm pemenuhan kebutuhan pasar. Lembaga pendidikan seharusnya disesuaikan dengan kebutuhan tenaga yang diperlukan. Sampai saat ini kondisi pendidikan masih belum relevan dengan kebutuhan pasar sehingga kemampuan hasil lulusan tidak sesuai dengan kemampuan yang dibutuhkan.
Berbagai hal tersebut di atas akan menuntut kebijakan dalam dunia pendidikan yang dapat menjawab berbagai tantangan yang ada termasuk dalam upaya menuntaskan wajardikdas sembilan tahun.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar